Selasa, 03 Agustus 2010

Praktek Kerja Lapangan

Selasa pagi tgl 03 Agustus 2010, tidak seperti biasanya di halaman kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Kutai Timur ramai di padati oleh para mahasiswa, khususnya program studi AGROTEKNOLOGI. rupanya para mahasiswa tersebut adalah calon peserta Praktek Kerja Lapangan angkatan 2009/2010.
Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada tahun ini berbeda di banding tahun-tahun sebelumnya yang kegiatannya hanya (kebanyakan) di lakukan pada wilayah di seputar kabupaten Kutai Timur. tapi pada tahun ini kegiatan PKL tersebut tersebar di dua kabupaten yaitu kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara.
kebetulan penulis sendiri ikut pada kelompok yang di tempatkan pada sebuah instansi pemerintah yang bernaman BALAI BENIH INDUK PADI REMPANGA (BBI PADI REMPANGA) yang terletak di Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. 
kegiatan PKl ini akan berlangsung kurang lebih selama satu bulan ( 03 - 31 agustus 2010). Rombongan kami berangkat (start) mulai dari kampus STIPER KUTIM sekira pukul 08.30, alhamdulillah tiba di lokasi PKL sekira pukul 13.30. Dilokasi kami di sambut oleh staf BBI Padi yaitu Bpk Fadliansyah yang kemudian atas arahan beliau kami di tempatkan pada sebuah rumah warga yang tak jauh dari lokasi BBI PADI REMPANGA.
uhhhh, penatnya dalam perjalanan tadi . kami langsung istirahat sejenak, dan bersiap untuk memulai aktivitas di "kampus" baru selama satu bulan. 
Tiba saatnya melakukan "segala aktifitas" yang berkenaan dengan kegiatan PKL.
hari pertama kami lalui dengan acara silaturahmi/perkenalan bersama pimpinan dan staf BBI Padi Rempanga, kami diterima dengan ramah oleh Bapak Ir Legimin selaku pimpinan UPTD BBI REMPANGA. oia perkenalkan anggota kami :
  • Rusdi ( KOORD)
  • Supiansyah
  • Aulia Quamilla Mareto
  • Tri Kuswati
  • Fitriana
  • Nanik Yunita
 
 
pada hari kedua di lapangan kami (membantu) melakukan penanaman padi di sawah, ehmmm rupanya menanam padi tidak semudah melihat orang lain melakukan nya, penulis mengalami kesulitan ketika harus menanam padi di sawah dalam gelimang lumpur sawah, hehehe namanya juga newbie?
iya gak ? (iya ajah dah )
kami di percaya mengelola sebidang/petak untuk kami bantu menanaminya, hanya satu petak, mungkin ditakutkan klo terlalu banyak akan banyak pula bibit yang terpakai, hehehe. (iya klo hasilnya bagus? gmn klo mati cmua?)
setelah kurang lebih dua jam akhirnya selesai lah kegiatan tanam menanam, kami pun beranjak (bisa dibilang bergegas) pulang karena gatal-gatal euy.
Pada ke esokan harinya kegiatan kami adalah pengenalan Alat dan Mesin Pertanian (ALSINTAN). Terdapat banyak Alat - alat yang di gunakan sebagai penunjang kegiatan lapangan yang ada di BBI Padi Rempanga.
diantaranya adalah :
hand tractor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar