Selasa, 10 Agustus 2010

PROFIL UPTD BALAI BENIH INDUK PADI REMPANGA

PENDAHULUAN

Peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan khususnya padi ditentukan banyak faktor, satu diantaranya adalah ketersediaan benih dalam jumlah yang cukup dan berkualitas baik (unggul). Seiring dengan perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi), maka saat ini telah dihasilkan berbagai macam varietas padi unggul dan berkembang di masyarakat petani, baik padi sawah maupun padi ladang.
Sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Kalimantan Timur (Diperta Prop. Kaltim). Balai Benih Induk Padi Rempanga memiliki peran strategis dalam mendukung Program Ketahanan Pangan dan Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), melalui penyediaan serta perbanyakan benih sumber, guna melayani kebutuhan masyarakat petani di Kaltim.
Pada awal pembentukannya, BBI Padi Rempanga pada tahun 1975 - 1982 bernama Balai Benih Utama, selanjutnya berubah menjadi BBI Induk Pusat Tahun 1982 - 2001 dengan biaya operasional sepenuhnya dari APBN. Mulai tahun 2002 menjadi UPTD Dinas Pertanian Tanaman Pangan Prop. Kaltim dengan pembiayaan berasal dari APBN dan APBD I prop. Kaltim.

TUPOKSI (Tugas Pokok dan Fungsi)
  1. Perbanyakan benih sumber BS-FS dan FS-SS
  2. Pengujian, Pengamatan Teknologi. Pemurnian varietas, Pelatihan Penangkar dan Informasi Perbenihan.

VISI

Menjadi institusi handal dalam perbanyakan dan penyediaan benih sumber sesuai kebutuhan pengguna dan berkesinambungan.

MISI
  1. Menjamin ketersediaan benih sumber varietas unggul nasional secara berkesinambungan sesuai kebutuhan pengguna.
  2. Mendorong peningkatan produksi dan produkstivitas padi melalui pelatihan penangkar dan penyediaan informasi perbenihan.
  3. Meningkatkan kinerja aparat dan institusi benih dalam melayani masyarakat pengguna.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama pola kemitraan dengan stakeholder lingkup pertanian.
ORGANISASI DAN SDM

UPTD BBI Padi Rempanga saat ini memiliki SDM (Sumberdaya Manusia) sebanyak 21 orang. berdasarkan Strata pendidikan terbagi atas 2 orang S2, 3 orang S1, 2 orang D3, 9 orang SLTA dan 5 orang SLTP.


SARANA PENDUKUNG

Lahan
BBI Padi Rempanga memiliki luas lahan 11 Ha, terbagi atas : 2 Ha lahan bangunan, 8 Ha sawah dan 1 Ha lahan kering belum reploiting, jalan usaha tani dan saluran irigasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar